Sabtu, 20 April 2019

Makanan Ringan/Cemilan/Snack Yang Tidak Baik/Buruk Untuk Kesehatan Manusia

Apa-apa yang kita makan dan kita minum akan masuk ke dalam perut kita dan kemudian diproses menjadi energi dan juga yang lainnya. Tubuh manusia butuh asupan nutrisi yang cukup agar terus bisa hidup sehat serta beraktivitas secara maksimal. Oleh karena itu usahakan makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut kita halal, baik dan bermanfaat untuk tubuh kita. Termasuk dalam urusan ngemil kita tetap harus bisa memilih cemilan yang baik-baik.

Memilih makanan ringan, minuman ringan, cemilan, kudapan, snack, nyamikan, atau apapun itu namanya jangan sembarangan. Salah pilih bisa-bisa kita nanti berurusan dengan rumah sakit. Ada banyak snack-snack yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Pilihlah yang sehat dan baik untuk kita sehingga bisa membuat kita terus hidup sehat, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri makanan ringan/snack/cemilan yang buruk atau yang tidak baik kita konsumsi terlalu banyak (junk foods) :

1. Goreng-gorengan dan bakaran, lebih baik pilih rebusan, tumisan atau panggangan.
2. Terlalu banyak zat aditif seperti pemanis, penguat rasa, pengawet, pewarna, dll.
3. Kurang mengandung serat makanan alami.
4. Terlalu banyak mengandung gula atau garam.
5. Terlalu banyak mengandung kalori, lemak, kolesterol, kafein, dsb.
6. Yang bisa membuat kita ketagihan ingin makan terus.
7. Sudah tidak layak dimakan karena busuk atau kadaluwarsa.
8. Dibuat dengan cara yang tidak higienis.
9. Daging berlemak, jeroan dan daging merah atau keju olahan
10. Makanan kering terbungkus dan berpengawet, awet untuk waktu yang lama.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jalani pola hidup yang sehat semaksimal mungkin, kapan dan di mana pun kita berada. Godaan makanan sampah (junk food) sangat menggoda, sehingga kita harus jauh lebih kuat dalam menangkisnya demi kebaikan kita sendiri. Di balik rasa yang enak terkadang bersembunyi racun-racun yang dalam jangka panjang siap merengut kesehatan kita. Jadilah bijaksana mulai hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar